Tempat Wisata di Jakarta Barat Terbaru, Kekinian & Hits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Jakarta? Inilah List Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Terkenal. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Dengan Beragam Keunikannya yang layak Anda Jelajahi Saat Liburan.

Sebagai bagian dari wilayah kota metropolitan, Jakarta Barat menjadi salah satu kota yang termasuk dalam administratif di DKI Jakarta yang menawarkan potensi wisata sejarah unggulan. Selain wisata yang banyak berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta, ada banyak juga tempat menarik lainnya yang tersebar di seluruh Jakarta Barat yang tidak hanya seru, tapi juga mengedukasi dan menambah wawasan.

Berikut beberapa rekomendasi objek wisata di Jakarta Barat yang menarik, dan menjadi referensi Anda dalam memilih tujuan liburan terbaik.

  1. Museum Fatahillah

Museum yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta ini menjadi destinasi wisata pertama yang tidak boleh Anda lewatkan, ketika berkunjung ke Jakarta Barat. Museum yang dibangun pada tahun 1707 ini bahkan menjadi museum paling besar yang ada di kota Jakarta. Museum Fatahilah dulunya dijadikan sebagai balai kota, yang juga dilengkapi dengan ruang kantor, ruang pengadilan, dan penjara bawah tanah.

Namun pada tahun 1974, bangunan ini kemudian berubah fungsi menjadi sebuah museum. Kini jika berkunjung ke sana, Anda akan menemukan berbagai koleksi di antaranya yaitu barang arkeologi, prasasti, keramik, patung, meriam, mebel antik, benda kebudayaan betawi, dan lain sebagainya. Untuk fasilitasnya sendiri begitu lengkap, mulai dari museum, perpustakaan, kantin, taman, ruang pertemuan, toko souvenir, hingga mushola.

  1. Museum Bank Indonesia

Jakarta Barat yang terkenal akan wisata sejarahnya memiliki museum lain bernam Museum Bank Indonesia. Museum satu ini mengusung konsep yang cukup modern, rapi dan bersih, sehingga akan membuat para pengunjung yang datang merasa betah untuk melihat lihat. Saat pertama memasuki museum, Anda akan langsung dimanjakan ruangan museum yang sejuk dan ber AC. Penataannya juga begitu rapi, sehingga sedap untuk dipandang.

Museum Bank Indonesia menyimpan berbagai koleksi berupa uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas, serta berbagai jenis barang lainnya yang merupakan saksi sejarah keuangan Indonesia. Untuk memasuki museum, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Tentunya perjalanan wisata ini akan hemat, menghibur, serta menambah wawasan Anda.

  1. Museum Tekstil

Museum Tekstil ini dulunya merupakan sebuah rumah milik orang berkebangsaan Perancis, yang kemudian diserahkan kembali kepada pemda Jakarta. Gedung bangunannya memiliki ciri khas, yang terlihat pada ukuran pintunya yang begitu besar. Selain itu, arsitektur kolonial serta keramik yang bermotif unik membuat bangunannya tampak lebih menarik dan begitu khas.

Sesuai dengan namanya, Museum Tekstil ini menyimpan ribuan kain yang asalnya dari berbagai penjuru di Indonesia. Namun yang dipamerkan pada pengunjung hanya sebagian kecilnya saja, meski begitu jenisnya masih begitu banyak di antaranya yaitu kain tenun, kain batik, kain jumput, serta baju yang terbuat dari kain campuran dan kulit kayu. Keunikannya layak untuk jelajahi pada saat liburan tiba.

Tulisan ini dipublikasikan di Wisata dan tag . Tandai permalink.