Peran Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dan Kondisi yang Ditanganinya

Olahraga rtp live merupakan aktivitas yang melibatkan banyak gerakan. Meskipun menyehatkan, olahraga bisa juga menyebabkan cedera atau gangguan kesehatan. Di sinilah peran dokter spesialis kedokteran olahraga dibutuhkan.

Dokter spesialis kedokteran olahraga adalah dokter yang memiliki keahlian khusus dalam melayani pemulihan serta pencegahan cedera maupun penyakit yang berkaitan dengan olahraga. Untuk mendapatkan gelar spesialis kedokteran olahraga (SpKO), seorang dokter umum harus menjalani pendidikan dokter spesialis dalam bidang ini. Lama pendidikannya minimal 3,5 tahun.

Dokter spesialis kedokteran olahraga bertanggung jawab untuk mendiagnosis dan menangani pasien dengan masalah kesehatan yang berkaitan dengan olahraga. Biasanya, dokter spesialis kedokteran olahraga juga menjadi bagian dari tim medik atlet pada program pelatihan dan kejuaraan olahraga.

Kondisi yang Dapat Ditangani Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Penanganan yang diberikan oleh dokter spesialis kedokteran olahraga untuk mengatasi cedera atau gangguan pada tulang dan otot akibat olahraga bisa berupa pemberian obat, terapi, atau penggunaan alat bantu, tanpa tindakan operasi.

Jika pasien mengalami cedera yang perlu ditangani dengan operasi, dokter spesialis olahraga akan merujuknya kepada dokter ortopedi.

Selain masalah tulang dan otot, dokter spesialis kedokteran olahraga juga bertanggung jawab atas kesehatan atlet secara umum, mulai dari kondisi fisik, status gizi, hingga keadaan psikologisnya.

Apa yang Perlu Disiapkan Saat Mengunjungi Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga?
Untuk mendiagnosis dan menangani keluhan Anda, dokter spesialis kedokteran olahraga akan menanyakan riwayat keluhan Anda secara lengkap. Dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan Anda secara menyeluruh, termasuk alergi, riwayat konsumsi obat, riwayat penyakit terdahulu, dan siklus menstruasi bagi para wanita.

Khusus cedera, Anda mungkin akan ditanya mengenai tanggal terjadinya cedera, kronologi terjadinya cedera, riwayat pengobatan dan perawatan cedera, riwayat cedera terdahulu, dan riwayat operasi.

Dokter membutuhkan informasi yang lengkap terkait keluhan dan riwayat kesehatan Anda secara umum. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengumpulkan informasi-informasi ini dengan lengkap untuk memudahkan dokter menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat untuk Anda.

Jika keluhan berhubungan dengan persendian atau sistem tulang dan otot, biasanya dokter perlu memeriksa bagian tersebut dengan menggerakkannya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengenakan pakaian yang longgar dan dapat memudahkan dokter saat pemeriksaan fisik.

Selain itu, Anda juga disarankan membawa hasil pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan radiologi dan laboratorium yang pernah Anda jalani sebelumnya bila pernah memeriksakan keluhan ini di tempat lain.

Masalah kesehatan yang terkait dengan olahraga ada banyak ragamnya, mulai dari terkilir hingga asma. Jika Anda mengalami keluhan yang timbul karena olahraga dan tidak bersifat darurat, Anda bisa mengunjungi dokter spesialis kedokteran olahraga.

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag . Tandai permalink.