Penyebab Telat Haid Yang Harus Anda Ketahui Sekarang!

Tidak banyak yang tau, apa penyebab telat haid tak sekedar menganggap itu sebagai sinyal awal berasal dari kehamilan. Meski kehamilan sering kali dianggap sebagai aspek utama, sebenarnya ada banyak aspek lain yang dapat menjadi penyebab telat mampir bulan.
 
Jika menstruasi terlambat mampir cuma di dalam kurun sementara satu atau dua hari, sebenarnya tak harus kuatir kenapa belum haid. Karena itu masih di dalam kondisi normal, karena umumnya siklus menstruasi berlangsung selama 26 – 28 hari.
 
Berikut adalah sebagian indikasi yang dapat dianggap bahwa siklus menstruasi tidak normal:
 
Biasanya menstruasi terlampau teratur, namun di bulan ini menstruasi terlambat lebih berasal dari tiga hari.
Sudah lebih berasal dari 38 hari sejak menstruasi terakhir.
Nyatanya, telat haid dapat disebabkan oleh sebagian  slot spaceman kondisi, juga stres, masalah hormon, kehamilan, fluktuasi berat badan, mengkonsumsi pil kontrasepsi, sindrom polikistik ovarium, sampai masalah kebugaran lainnya. Untuk lebih memahami penyebabnya, silahkan baca penjelasan di bawah ini.
 
Faktor Penyebab Telat Haid
 
Berikut adalah 9 penyebab telat mampir bulan yang paling umum. Apakah kamu mengalaminya akhir-akhir ini?
 
1. Kehamilan
 
Penyebab ini merupakan yang paling lazim dianggap sebagai alasan utama kenapa haid terlambat. Namun harus diingat ini sebatas satu berasal dari banyak aspek lain yang dapat merubah siklus menstruasi.
 
Karena layaknya yang telah dijelaskan diatas, ada banyak aspek kenapa telat haid terjadi. Tidak cuma melulu karena kehamilan. Kondisi terlambat menstruasi dapat juga karena ada masalah kebugaran yang parah.
 
2. Sindrom Polikistik Ovariun (PCOS)
 
Sindrom Polikistik Ovarium atau yang lebih dikenal dengan nama PCOS merupakan kondisi medis yang dapat menjadi keliru satu aspek kenapa haid dapat terlambat. Ini karena kelainan medis ini mengakibatkan tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon androgen atau hormon yang biasa dominan di dalam tubuh pria.
 
Kelainan hormon ini merubah proses ovulasi di dalam tubuh, agar menjadi penyebab terlambat haid atau bahkan tidak mampir serupa sekali. Selain telat haid, tanda-tanda lain berasal dari PCOS adalah timbulnya jerawat yang meradang, berat badan makin tambah secara signifikan, sebagian juga mengalami rontok rambut parah.
 
3. Stres
 
Penyebab haid telat setelah itu adalah stres. Stres mudah tidak bakal merubah siklus menstruasi, namun stres kronis yang berlangsung lumayan lama dapat berdampak pada hormon di dalam tubuh dan menjadi alasan kenapa dapat telat haid.
 
Ketika tingkat stres memuncak, maka tubuh dengan sendirinya mengaktifkan proses endokrin untuk menyebar di dalam tubuh. Hormon inilah yang menghimpit proses reproduksi dan menunda menstruasi.
 
Untuk mengatasi ini, maka model hidup harus dirubah. Berolahraga secara tertata dan  tidur tepat waktu, dapat menopang untuk menghalau stres dan melancarkan siklus menstruasi. Jika stres tidak juga dapat di kelola, maka perlu untuk bicara dengan dokter atau konselor untuk mencari langkah penangan stres yang efektif.
 
4. Berat badan tidak normal
 
Berat badan yang tidak normal dapat juga menjadi keliru satu aspek telat haid selanjutnya. Ini dikarenakan, berat badan berlebih (obesitas) atau kurang berat badan dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon.
 
Untuk menilai apakah berat badan masuk di dalam kategori sehat atau tidak, maka kita dapat menghitung indeks massa tubuh (IMT). Cara menghitung IMT adalah dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan yang telah dikuadratkan (m2).
 
5. Gangguan tiroid
 
 
Kelenjar tiroid berbasis di pangkal leher, dan kelenjar tersebut merupakan keliru satu penghasil hormon yang sesuaikan proses tubuh.
 
Jika ada masalah dengan tiroid, baik tiroid menjadi terlampau aktif (hipertiroidisme) atau justru kurang aktif (hipotiroidisme), maka ini juga bakal menjadi penyebab mampir bulan terlambat. Menurut penelitian, masalah tiroid lazim berlangsung pada perempuan.
 
6. Pemakaian KB Hormonal
 
Pil KB mempunyai kandungan gabungan progestin dan esterogen. Hormon ini bertugas untuk menghentikan ovulasi dan menahan kehamilan. Oleh karena itu, sementara mengkonsumsi pil KB otomatis siklus menstruasi bakal terpengaruh. Tidak cuma KB berjenis pil, pemakaian kontrasepsi tipe lain juga dapat menjadi penyebab tidak haid.
 
Jika kamu baru saja berhenti minum pil KB atau membebaskan pemakaian kontrasepsi, maka biasanya bakal memerlukan sementara sebagian bulan agar siklus menstrusasi ulang normal. 
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.