Pemasangan Central Venous Catheters, Ini yang Harus Anda Ketahui

Pemasangan central venous catheters (CVC) adalah prosedur pemasangan alat seperti infus, tetapi pada pembuluh darah besar. Prosedur ini dilakukan untuk pengobatan jangka panjang yang berisiko apabila diberikan melalui infus biasa, salah satunya adalah pemberian obat-obatan kemoterapi.

Pemasangan CVC dilakukan dengan memasukkan infus ke pembuluh darah besar, kemudian diarahkan menuju pembuluh vena sentral yang membawa darah ke jantung. Pemasangan CVC dilakukan pada pasien yang menjalani pengobatan jangka panjang, karena kateter ini dapat bertahan di dalam tubuh untuk waktu yang lama.

Ketika menjalani pengobatan sbobet jangka panjang, asupan nutrisi, dan obat-obatan tidak bisa diberikan melalui infus. Hal ini karena infus hanya untuk penggunaan jangka pendek dan membutuhkan penggantian jarum suntik berkali-kali. Jika dilakukan secara berulang, penggantian jarum tersebut dapat merusak pembuluh darah.

Sebelum Pemasangan Central Venous Catheters
Sebelum pemasangan CVC, dokter akan menjelaskan secara detail mengenai prosedur yang akan dilakukan dan risiko yang mungkin dialami pasien.

Setelah pasien memahami dan setuju untuk menjalani prosedur ini, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan. Tujuannya adalah untuk memastikan pasien tidak memiliki alergi terhadap alat-alat medis yang digunakan dan tidak menderita gangguan pembekuan darah.

Selanjutnya, pasien akan diminta untuk berpuasa sekitar 4–6 jam sebelum menjalani pemasangan CVC.

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag . Tandai permalink.