Lowongan Online Gaji di Atas Rp 2 Miliar, Siapa Berkeinginan?

Saat ini, banyak perusahaan online sedang mencari karyawan untuk pelbagai posisi di luar dunia teknologi. Ini termasuk lowongan kerja di bidang properti, kesehatan, dan bahkan forensik.

Menariknya, meskipun beberapa survei memperlihatkan penurunan dalam pasar kerja online, tetapi web pencarian kerja seperti Indeed melaporkan volume lowongan kerja jarak jauh masih tinggi.

Dalam penelitiannya, Indeed menemukan peningkatan 40% dalam lowongan kerja jarak jauh antara Maret 2023 dan Maret 2024.

Dikutip dari CNBC, Jumat (10/5/2024), menurut Gabrielle Davis, seorang ahli popularitas karir di Indeed, meskipun beberapa industri seperti teknologi dan keuangan mengalami penurunan dalam lowongan kerja jarak jauh, hal ini lebih disebabkan oleh kondisi pasar energi kerja yang melambat ketimbang perubahan pandangan perusahaan terhadap karir jarak jauh.

Menariknya, beberapa peran yang umumnya dianggap sebagai pekerjaan tradisional tatap muka, seperti peninjau dokumen atau analis forensik, sekarang menjadi beberapa posisi jarak jauh yang paling diminati oleh perusahaan.

Ini memperlihatkan adanya pergeseran menuju pekerjaan jarak jauh di sektor-sektor yang sebelumnya lebih cenderung bekerja secara seketika.

Gaji di Atas Rp 2 Miliar
Indeed juga mengidentifikasi beberapa pekerjaan jarak jauh yang paling diminati ketika ini. Ini termasuk insinyur senior, insinyur AI senior, dokter telemedicine, dan peninjau dokumen.

Dengan pergeseran ini, mungkin kita akan slot spaceman mengamati lebih banyak pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan secara offline beralih ke contoh hybrid atau online.

Perusahaan terus mengukur sistem mereka beroperasi dan daya kerja bisnis mereka, sehingga adaptasi terhadap lingkungan kerja yang berubah menjadi semakin penting.

Daftar Lowongan
Berikut merupakan 4 pekerjaan jarak jauh yang paling banyak dicari perusahaan:

Insinyur senior: Gaji rata-rata: USD 174.743 (Rp 2,8 miliar)
Insinyur AI senior: Gaji rata-rata: USD 170.186 (Rp 2,7 miliar)
Dokter telemedicine: Gaji rata-rata: USD 139.412 (Rp 2,2 miliar)
Peninjau dokumen: Gaji rata-rata: USD 123,427 (Rp 2 miliar)

Angka Pengangguran RI Turun Drastis

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mencatat pada triwulan I 2024, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,1% (yoy). Pertumbuhan ekonomi yang solid kapabel mensupport penciptaan lapangan kerja nasional.

Pada Februari 2024, jumlah orang yang bekerja tercatat sebesar 142,18 juta orang, meningkat 3,55 juta dibandingi Februari 2023 yang sebesar 138,63 juta orang.

Menurutnya, kwalitas pertumbuhan juga meningkat signifikan tercermin dari penciptaan lapangan kerja yang cukup tinggi, sehingga kapabel menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) ke tingkatan dibawah prapandemi.

Tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2024 menurun signifikan menjadi 4,82%, dari sebelumnya 5,32% pada Februari 2023, dan telah berada dibawah TPT periode sebelum pandemi Covid-19 (Februari 2019 sebesar 5,01%),\\\” kata Sri Mulyani dikutip dari keterangannya, Senin (6/5/2024).

Lapangan usaha yang mengalami peningkatan peresapan energi kerja terbesar selama Februari 2023-Februari 2024 merupakan Akomodasi dan Makan Minum, Perdagangan, serta Administrasi Pemerintahan yang masing-masing meningkat sebesar 0,96 juta orang, 0,85 juta orang, dan 0,76 juta orang.

Kemenkeu mencatat, proporsi pekerja informal menurun dari 60,12 persen pada Februari 2023 menjadi 59,17 persen pada Februari 2024.

Penurunan proporsi pekerja informal ini memberikan indikasi yang positif terhadap peningkatan kwalitas energi kerja secara nasional, karena lebih banyak orang mendapatkan jalan masuk ke pekerjaan formal atau mempunyai stabilitas pekerjaan yang lebih baik.

\\\”Ke depan APBN akan terus dioptimalkan untuk menjaga stabilitas ekonomi, mensupport akselerasi pertumbuhan, dan penciptaan lapangan kerja,\\\” pungkasnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.