Fungsi Tulang Belakang dan Gangguan yang Dapat Terjadi

Fungsi tulang belakang paling utama adalah melindungi saraf di sepanjang tulang belakang. Bila fungsi ini terganggu, penderitanya bisa mengalami gangguan saraf yang ditandai dengan rasa nyeri, bahkan penurunan fungsi gerak.

Tulang belakang merupakan susunan tulang yang menghubungkan kepala dengan panggul. Rangkaiannya terdiri atas 33 tulang kecil yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu tulang leher, tulang punggung, tulang pinggang, sakrum, dan tulang ekor.

Tulang-tulang kecil tersebut dihubungkan oleh sendi faset dan lempeng bantalan (diskus intervertebralis). Semua komponen ini berperan untuk melindungi serabut saraf dan menjadi tempat pelekatan jaringan lain, seperti ligamen maupun tendon.

Melihat perannya yang begitu besar, penting untuk selalu menjaga fungsi tulang belakang agar terhindar dari berbagai gangguan yang dapat terjadi.

Mengenal Fungsi Tulang Belakang

Selain melindungi saraf di sepanjang tulang belakang, ada pula fungsi tulang belakang lainnya, yaitu:

  1. Melindungi sumsum tulang belakang

Fungsi tulang belakang yang pertama adalah melindungi sumsum tulang belakang dari trauma fisik atau tekanan yang terjadi ketika menggerakkan tubuh.

Sumsum tulang belakang merupakan serabut saraf yang berasal dari otak dan berfungsi untuk meneruskan rangsangan dari otak ke organ lain di seluruh tubuh. Tak heran bila perannya sangat penting dalam menjaga kerja sistem saraf secara umum.

  1. Menyangga kepala, leher, dan batang tubuh

Tulang belakang juga berperan sebagai penyangga kepala, leher, dan batang tubuh. Ini karena struktur tulang belakang yang memanjang dan menjadi tempat pelekatan otot, sehingga dapat mengendalikan postur, keseimbangan, dan gerakan tubuh.

  1. Mempertahankan postur tubuh

Struktur tulang belakang pada dasarnya membentuk huruf S, ruas atasnya melengkung ke belakang dan bagian bawahnya melengkung ke depan. Dengan struktur ini, tulang belakang mampu mempertahankan postur tubuh agar tidak terlalu bungkuk atau busung.

  1. Mendukung pergerakan tubuh

Fungsi tulang belakang lainnya adalah mendukung pergerakan tubuh, misalnya ketika hendak duduk, berdiri, membungkuk, dan memutar panggul. Dengan begitu, Anda dapat bergerak secara leluasa untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag . Tandai permalink.