Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah yang sehat, tentu menjadi idaman bagi semua orang. Sayangnya, ada banyak hal yang tanpa disadari justru bisa merusak kulit wajah, mulai dari faktor lingkungan hingga kebiasan buruk. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu merawat kulit wajah secara rutin.

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda. Ada yang normal, sensitif, kering, berminyak, dan kombinasi. Apa pun jenis kulit wajah yang Anda miliki, rutinitas merawat kulir wajah tidak boleh dilewatkan. Selain kulit wajah jadi sehat, wajah Anda juga akan nampak lebih cerah, bersih, dan merona.

Inilah Alasan Mengapa Kesehatan Kulit Wajah Perlu Dijaga
Pentingnya menjaga kesehatan kulit bukan tanpa alasan, lho. Aktivitas yang padat membuat Anda sering berhadapan dengan sinar matahari dan polusi udara, seperti asap rokok, asap kendaraan, serta limbah udara pabrik.

Sinar matahari berlebihan bisa membuat kulit wajah Anda mengalami sunburn. Ditambah lagi, paparan berbagai polusi dan asap juga diketahui dapat merusak kekencangan kulit serta memicu berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Sebagian besar orang mengakali hal ini dengan masker. Penggunaan masker saat beraktivitas memang bisa mengurangi paparan sinar matahari dan polusi udara sehingga berdampak baik pada kulit Anda. Namun, penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa berdampak buruk pada kulit wajah.

Masker bedah yang dipakai berulang kali atau masker kain yang tidak dicuci dengan tepat bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan virus. Selain itu, memakai masker di tengah panasnya kota juga bisa membuat wajah berkeringat, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan hangat.

Kondisi kulit seperti ini ideal untuk pertumbuhan bakteri, jamur, bahkan parasit. Jika kesehatan dan kebersihan kulit Anda tidak dijaga, hal ini tentu dapat membuat Anda lebih berisiko mengalami masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, rosacea, dan selulitis.

Belum lagi jika Anda termasuk orang yang sering menyentuh wajah. Sebuah studi mengatakan bahwa rata-rata orang bisa menyentuh pipi, dagu, atau dahinya bisa mencapai 13 kali dalam 1 jam. Kebiasaan ini akan membuat wajah terpapar kuman atau kotoran dari tangan.

Alasan Pentingnya Menggunakan Pembersih Wajah Antibakteri
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penggunakan masker yang tidak tepat dan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan membuat kulit wajah terpapar banyak bakteri sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit. Nah, untuk mencegah ini terjadi, Anda bisa menggunakan pembersih wajah antibakteri.

Pilihlah pembersih wajah yang mengandung ekstrak daun neem. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak daun ini dapat membunuh bakteri yang menempel pada kulit secara efektif. Selain itu, pilih juga pembersih wajah yang mengandung kaolin, yaitu lumpur mineral (clay) yang dapat menyerap minyak berlebih, kotoran, dan sisa makeup pada kulit.

Kulit wajah yang sehat dan bersih tentu akan membuat Anda tampil lebih menawan dan percaya diri. Jadi, pastikan Anda merawat kulit wajah secara konsisten dan gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Tulisan ini dipublikasikan di Gaya Hidup dan tag . Tandai permalink.